Berburu Jajanan di Depan Stadion Maguwoharjo

    Selama kita berwisata atau menikmati waktu luang seringkali kita ingin memakan camilan. Street food atau makanan jalanan adalah salah satu pilihan untuk mencari beragam jajanan yang unik dan enak dengan harga murah. Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak pusat kuliner, salah satu jenisnya adalah street food. Salah satu pusat street food yang wajib untuk dikunjungi jika kita berada di Kabupaten Sleman adalah street food di depan Stadion Maguwoharjo. 

Lokasi

    Stadion Maguwoharjo atau Maguwoharjo International Stadium adalah stadion sepak bola yang menjadi markas klub sepak bola PSS Sleman. Lokasinya berada di Jalan Utara Stadion Maguwoharjo, Dukuh Jenengan, Kalurahan Maguwoharjo, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jalan utama menuju ke Stadion Maguwoharjo adalah Jalan Stadion Maguwoharjo, Kalurahan Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, Kabupaten Sleman. Pertemuan Jalan Stadion Maguwoharjo dengan Jalan Utara Stadion Maguwoharjo menjadi sebuah pertigaan jalan di depan stadion. 

    Di tengah perjalanan menuju ke Stadion Maguwoharjo melalui Jalan Stadion Maguwoharjo, pengunjung akan melihat sebuah Patung Elang Jawa yang bermain bola menghadap ke timur. Elang Jawa adalah lambang dari PSS Sleman. 

    Tidak jauh dari Stadion Maguwoharjo ada dua obyek wisata lain, yaitu Candi Gebang dan Embung Tambakboyo

    Keterangan: Pengamatan dilakukan pada tanggal 21 Mei 2023

    Street Food Stadion Maguwoharjo

    Street food di depan Stadion Maguwoharjo buka sekitar jam 3 sore hingga 10 malam. Makanan dan minuman yang dapat ditemukan di street food Stadion Maguwoharjo antara lain:

  1. Pentol
  2. Sempolan
  3. Martabak
  4. Terang Bulan
  5. Aneka gorengan
  6. Takoyaki
  7. Makanan bertema korea
  8. Olahan makanan laut
  9. Batagor
  10. Cimol
  11. Bakpao
  12. Sate
  13. Es Cokelat
  14. Es teh dengan variasi rasa
  15. Es Tape
  16. Telur Gulung
  17. Bakso Bakar
  18. Corn Dog
  19. Pizza 
  20. Jagung susu keju
  21. Cilok
  22. Alpukat kocok
  23. Sosis bakar
  24. Es Dawet, dan masih banyak lagi

    Beragam jenis makanan dan minuman yang dijual di street food Stadion Maguwoharjo tidak akan membuat bosan pengunjung. Penjual street food banyak yang menggunakan gerobak, tenda jualan, dan booth container. Pada malam hari, banyak pasangan muda-mudi, anak-anak, mahasiswa, dan masyarakat sekitar stadion sibuk berjalan-jalan sambil memilih camilan yang lezat. Kendaraan pribadi pengunjung bisa diparkir di pinggir jalan dengan aman karena ada petugas parkir. Selain street food, ada juga angkringan, rumah makan, dan kafe di dekat stadion. 

Dokumentasi pribadi: Suasana sore hari di street food depan Stadion Maguwoharjo

Beragam Aktivitas Masyarakat dan Acara Menarik di Stadion Maguwoharjo
    Street food Stadion Maguwoharjo buka setiap hari. Pada pagi hari, jalanan di depan stadion didominasi oleh penjual yang menyajikan beragam menu sarapan yang lezat, seperti soto ayam, soto sapi, sate, bubur ayam, gudeg, nasi lemak, nasi goreng, mie goreng, pecel lele, ayam goreng, bebek goreng, dan sebagainya. Aktivitas olahraga pagi selalu meramaikan halaman stadion, seperti jogging, bersepeda, atau senam. 

    Acara seperti senam aerobik, pertandingan sepak bola, atau konser musik di Stadion Maguwoharjo selalu mengundang banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar kota. Penyelenggaraan acara di stadion menjadi kesempatan para penjual street food membuka lapaknya lebih awal. Selain itu, Ada penjual barang-barang yang berhubungan dengan acara yang sedang diselenggarakan. Misalnya banyak penjual kaos dan atribut sepak bola saat ada pertandingan sepak bola atau penjual stiker dan atribut konser musik saat ada konser musik di stadion. Bahkan, penjual ikan hias, tanaman hias, dan mainan anak ikut meramaikan jalanan di depan stadion. 

    Tidak hanya makanan dan minuman, wahana hiburan anak-anak seperti memancing ikan mainan, melukis, odong-odong, kereta mini, dan istana balon juga ada di dekat kawasan street food. Ada dua lapangan berumput yang luas di depan Stadion Maguwoharjo. Biasanya lapangan tersebut digunakan sebagai lahan parkir tambahan untuk stadion atau tempat penyelenggaraan pasar malam. Lapangan juga bisa digunakan untuk berlatih mengendarai mobil. 

Dokumentasi Pribadi: Wahana bermain anak-anak dekat street food Stadion Maguwoharjo

    Di sebelah utara Stadion Maguwoharjo ada Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark atau Jogja Bay yang merupakan taman wisata air yang sangat ramai pengunjung, khususnya saat musim liburan sekolah. Banyak bus-bus wisatawan dari berbagai daerah memenuhi halaman parkir Jogja Bay. Bahkan, kemacetan juga sering terjadi di jalanan depan stadion saat bus-bus melintasi kawasan street food.

    Kawasan Stadion Maguwoharjo menjadi lokasi rekreasi yang sangat menarik dan menyenangkan. Banyaknya acara yang diselenggarakan di stadion juga meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Street food di depan Stadion Maguwoharjo menjadi daya tarik utama wisatawan setiap hari dengan puncak keramaian sekitar jam 6 sore. Oleh karena itu, pengunjung bisa menambahkan street food Stadion Maguwoharjo ke dalam daftar kunjungan wisata di Yogyakarta. 

    Sumber:
 Stadion Maguwoharjo. (2023, April 13). Diakses pada Juni 14, 2023 dari https://id.wikipedia.org/wiki/Stadion_Maguwoharjo pukul 09.17 WIB

Komentar