Keindahan Gemerlap Lampu di Taman 501 Kota Madiun

    Taman 501 Kota Madiun adalah sebuah ruang terbuka hijau (RTH) yang memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh ruang terbuka hijau lainnya di Kota Madiun. Taman 501 Kota Madiun akan terlihat sangat indah di malam hari. Gemerlap lampu berwarna-warni dari pohon lampion menjadi daya tarik utama dari taman kecil ini. 

Lokasi

    Taman 501 Kota Madiun berada di sudut perempatan Jalan Urip Sumoharjo - Jalan Sido Makmur - Jalan Tirta Raya, Kelurahan Manguharjo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur. Di sebelah barat taman ada Jembatan Palang. Taman ini berada di dalam kawasan Batalyon Infanteri Para Raider 501/Bajra Yudha. Itulah sebabnya taman ini bernama Taman 501. 

Fasilitas

    Fasilitas yang ada di Taman 501 antara lain:

  1. Lampu taman
  2. Payung permanen
  3. Kursi dan meja taman

    Lampu taman memiliki bentuk klasik dan tiangnya berwarna putih. Selain itu, payung permanen juga dicat putih sehingga keduanya lebih mudah terlihat pada malam hari. Kursi dan meja taman memiliki bentuk dan corak seperti telur rebus. Semua fasilitas di Taman 501 bisa menjadi spot swafoto yang bagus. 

Dokumentasi Pribadi: Fasilitas di Taman 501 Kota Madiun

    Fasilitas yang tidak kalah menarik dan menjadi daya tarik utama Taman 501 adalah pohon lampion. Pohon lampion adalah sebuah pohon buatan yang daunnya berupa lampion-lampion berbentuk kotak dan berwarna-warni. 

    Di sebelah timur taman ada beberapa toko dan rumah makan. Di depannya ada halaman parkir yang luas. Pengunjung yang ingin mengunjungi taman bisa parkir di halaman parkir depan deretan toko tersebut. 

Pemandangan Taman 501
    Keterangan: Pengamatan dilakukan pada tanggal 11 Januari 2023

Dokumentasi Pribadi: Taman 501 pada sore hari

    Waktu yang cocok untuk berkunjung ke Taman 501 adalah malam hari. Pemandangan indah lampion dan lampu taman klasik tidak akan bisa dilihat saat siang hari. Keindahan semakin bertambah karena lampu-lampu kendaraan bermotor yang berhenti di depan lampu lalu lintas perempatan menambah gemerlap lampu di kegelapan malam. 

    Sebelum Taman 501 menonjolkan atraksi lampu taman dan lampion berwarna-warni, taman 501 hanyalah sebuah taman yang penuh dengan rimbunan tanaman hias dan pohon berukuran sedang. Fungsi utama taman saat itu adalah menyaring udara kotor di perempatan jalan. 

    Perubahan bentuk taman dan penambahan fasilitas membuat Taman 501 memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai paru-paru kota dan tempat wisata yang menarik. Namun, perubahan bentuk taman menyebabkan banyak bagian taman yang sebelumnya ditumbuhi tanaman hias dan pohon berubah menjadi halaman cor beton. Pada siang hari taman akan sangat panas ditambah dengan asap dari knalpot kendaraan bermotor. Jika taman dilengkapi dengan banyak tanaman di dalam pot dan banyak pohon berukuran besar di sekitar taman, maka Taman 501 akan menjadi ruang terbuka hijau yang mampu memenuhi fungsinya sebagai paru-paru kota.

Komentar