Lapak UMKM Simpang Lima Pandean Kota Madiun

 

    Lapak UMKM Simpang Lima Bunderan Pandean adalah salah satu lapak UMKM di Kota Madiun yang menjadi pusat keramaian baru di sekitar Bunderan Serayu. Lapak UMKM ini berada di dekat Bunderan Serayu atau disebut juga dengan Bundaran Jalan Serayu, Kelurahan Pandean, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Jawa Timur. Lokasinya sangat strategis dan bersebelahan dengan Kantor Kecamatan Taman dan DPRD Kota Madiun. Sejak dahulu kawasan Bunderan Serayu ramai dengan penjual makanan minuman dan masyarakat yang sekadar mencari camilan, berolaraga, atau berwisata. Kawasan yang dahulunya terkenal dengan hamparan sawah luas di dekat pusat Kota Madiun kini berangsur menjadi kawasan wisata baru di tengah padatnya permukiman penduduk. 

    Keterangan: Pengamatan dilakukan pada tanggal 23 April 2023

Sekilas tentang Bunderan Serayu

    Bunderan Serayu terkenal sebagai simpang lima Kecamatan Taman, Kota Madiun yang ramai saat pagi, sore, dan malam hari. Bunderan Serayu sering disebut juga dengan Bundaran Taman. Dahulu, lahan di sekitar Bunderan Serayu masih berupa lahan persawahan yang luas. Tidak banyak lahan persawahan luas di tengah padatnya permukiman dan pertokoan Kota Madiun seperti yang ada di Bunderan Serayu. Masyarakat sekitar seringkali menikmati indahnya persawahan ini dengan berolahraga di sekitar Bunderan Serayu. Selain berlari atau jogging, pengunjung biasanya bersepeda dari rumah mereka menuju ke Bunderan Serayu. Setelah lelah berolahraga, pengunjung akan menikmati makanan dan minuman yang dibawa dari rumah atau membelinya di penjual makanan minuman yang mangkal di Bunderan Serayu.

    Bunderan Serayu menjadi pusat dari Kecamatan Taman karena keberadaan DPRD Kota Madiun dan Kantor Kecamatan Taman yang ada di sana. Bunderan Serayu menjadi titik persimpangan Jalan Dawuhan, Jalan Serayu Timur, Jalan Sedoro, Jalan Taman Praja, dan Jalan Panorama Raya. 

    Titik tengah Bunderan Serayu awalnya hanya sebuah tiang lampu jalan dengan 4 cabang lampu. Pada bulan April 2022, Pemerintah Kota Madiun memasang decorating lighting sebagai pengganti lampu jalan lama guna melengkapi hiasan lampu artistik berbentuk limas terbalik yang sudah terpasang di dekat bundaran sebelumnya. Tujuannya supaya keindahan cahaya lampu berwarna-warni dengan bentuk artistik mampu menyemarakkan suasana di Bunderan Serayu pada malam hari. 

Dokumentasi Pribadi: Pemandangan Bunderan Serayu pada Malam Hari

    Suasana lama Bunderan Serayu pada malam hari tidak pernah seindah suasana setelah decorating lighting dipasang. Ada beberapa warung yang menjual makanan dan minuman dengan harga murah di sekitar Bunderan Serayu. Bahu jalan menjadi lokasi pengunjung untuk duduk di atas tikar sembari bercengkerama dengan teman atau sanak saudara. Kopi, makanan ringan, atau nasi kucing menjadi pelengkap untuk menemani indahnya malam di Bunderan Serayu. Tidak jarang ada pengendara sepeda motor dengan knalpot bising berkendara dengan kecepatan tinggi melewati bunderan. Asap yang dikeluarkan dari knalpot bising dan asap dari rokok tidak pernah menyurutkan antusiasme pengunjung untuk berkunjung ke Bunderan Serayu. 

   Pengunjung lebih memilih Bunderan Serayu karena lahan persawahan di sekitar bundaran memberikan suasana sepi, gelap, dan luas layaknya kawasan pinggiran kota. Padahal, mereka masih berada di tengah kota. Selain itu, Bunderan Serayu juga dekat dengan tempat tinggal pengunjung yang kebanyakan adalah anak muda dan mahasiswa. 

    Namun, seiring perkembangan zaman dan penambahan jumlah penduduk membuat alih fungsi lahan marak terjadi, tidak terkecuali di sekitar Bunderan Serayu. Dua bagian sawah di dekat bundaran sudah ditimbun tanah guna dialihfungsikan menjadi kawasan publik. Dalam waktu cepat atau lambat, kejadian seperti ini memang tidak akan pernah bisa dihindari. 

Pembangunan Lapak UMKM Simpang Lima

    Pemerintah Kota Madiun berencana untuk memfasilitasi dan menampung semua UMKM di Kelurahan Pandean. Tujuannya supaya UMKM bisa memiliki tempat berjualan yang lebih nyaman sekaligus menata kawasan penjual kaki lima atau penjual dengan gerobak di Bunderan Serayu. Pembangunan Lapak UMKM Simpang Lima Bunderan selesai pada akhir tahun 2020 dan dilanjutkan dengan tahap penyempurnaan di awal tahun 2021. 

    Berikut ini prasasti peresmian Lapak UMKM Simpang Lima Bunderan:

Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa
STAND UMKM "SIMANDER" KELURAHAN PANDEAN
Pada Tanggal  Januari 2021
Diresmikan Oleh:

Drs. H. Maidi, SH, MM, MPd

Dokumentasi Pribadi: Prasasti Peresmian Stand UMKM “SIMANDER” Kelurahan Pandean

    Kata "SIMANDER" di dalam prasasti tersebut adalah sebuah akronim dari "Simpang Lima Bunderan". 

    Lokasi Stand UMKM Simpang Lima Bunderan berada di sudut persimpangan Jalan Panorama Raya dan Jalan Taman Praja. Lahan yang digunakan sebelumnya adalah lahan persawahan. Di bagian sudut persimpangan dua jalan ini dahulu digunakan sebagai tempat pembuangan sampah. Tumpukan sampahnya memang tidak terlalu besar karena sampah akan dibakar atau dibuang ke tempat pembuangan sampah jika sudah cukup banyak. 

    Lapak UMKM menempati lahan seluas 200 meter persegi di sudut persimpangan yang menghadap ke Bunderan Serayu. Lapak UMKM hanya menempati sebagian kecil dari lahan yang dialihfungsikan. Sisa lahan di belakang Lapak UMKM sangat luas dan digunakan sebagai parkiran kendaraan atau wahana bermain anak-anak seperti Istana Trampolin Balon. Acara-acara penting atau pasar malam juga sering diadakan di atas lahan sisa tersebut. 

Fasilitas

    Fasilitas yang disediakan di Lapak UMKM Simpang Lima Bunderan antara lain:
  1. Meja dan kursi taman
  2. Saung
  3. Musala
  4. Deretan gerobak dan etalase UMKM
  5. Bangunan tengah untuk tempat makan
  6. Toilet umum
    Tidak ada lahan parkir khusus yang disediakan di dalam kawasan Lapak UMKM Simpang Lima Bunderan. Pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan atau di lahan kosong di belakang Lapak UMKM.

Dokumentasi Pribadi: Suasana di dalam Lapak UMKM Simpang Lima Bunderan

Suasana Lapak UMKM pada Malam Hari
    Puncak keramaian Bunderan Serayu dan Lapak UMKM Simpang Lima Bunderan adalah malam hari. Parkiran kendaraan pengunjung baik roda dua atau roda empat akan mulai memenuhi pinggir jalan. Beberapa mobil memilih untuk parkir di lahan kosong di belakang Lapak UMKM. 

    Para pedagang kaki lima dan pedagang dengan gerobak seperti penjual sempolan, minuman dingin, pentol, kacang rebus, dan sebagainya akan berjualan di sepanjang jalan sekitar bundaran. Makanan dan minuman yang dijual di dalam Lapak UMKM Simpang Lima Bunderan juga tidak kalah bervariasi. 

    Di bagian selatan Lapak UMKM ada lahan sempit yang digunakan untuk taman. Ada beberapa pohon dan banyak tanaman hias ditanam di dalam taman ini. Dua meja kursi taman dan satu saung disediakan di tengah taman supaya pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman sembari melihat keindahan Bunderan Serayu dengan decorating lighting yang berwarna-warni.

    Ada satu peraturan yang diterapkan di Lapak UMKM Simpang Lima Bunderan, yaitu pengunjung dilarang untuk membawa makanan dan minuman dari luar Lapak UMKM.

    Sumber:
    Berada di Kawasan Bundaran Taman, Lapak UMKM Kelurahan Pandean Sudah Mulai Dimanfaatkan. (2021, Januari 4). Diakses pada April 30, 2023 dari https://madiuntoday.madiunkota.go.id/2021/01/04/berada-di-kawasan-bundaran-taman-lapak-umkm-kelurahan-pandean-sudah-mulai-dimanfaatkan/ pukul 11.59 WIB

Komentar