Jalan-Jalan ke Taman Hutan Kota Madiun

    Taman Hutan Kota Madiun adalah salah satu taman hutan yang berada di Kota Madiun. Ada beragam jenis pohon di dalam taman dan kolam ikan koi yang luas. Pengunjung bisa bersantai di saung yang berada di bawah naungan pohon bambu. Suasana tenang dan pemandangan yang menyejukkan mata membuat pengunjung betah berlama-lama di dalam Taman Hutan Kota Madiun

Lokasi

    Taman Hutan Kota Madiun berada di Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Patihan, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur. Lokasinya berada di belakang Pabrik Gula Rejoagung Baru. Di sebelah barat dan selatan taman hutan ada lahan persawahan yang luas. Awalnya, lahan yang ditempati oleh Taman Hutan Kota Madiun adalah lahan persawahan. Pembangunan Taman Hutan Kota Madiun selesai pada akhir tahun 2018. 

Fasilitas

    Fasilitas yang disediakan di Taman Hutan Kota Madiun antara lain: 

  1. Saung
  2. Musala
  3. Kamar mandi
  4. Fitness outdoor
  5. Kursi taman dan payung permanen
  6. Lampu taman
  7. Kolam ikan koi
  8. Parkiran kendaraan

    Bangunan saung dan musala dibuat dari kayu dan keduanya memiliki bentuk yang mirip. Di sebelah musala ada tandon air dan beberapa keran di bawahnya untuk wudu. Di sekitar saung dan musala ditumbuhi oleh pohon bambu sehingga terasa sejuk di siang hari. Kamar mandi berada di gerbang masuk taman. 

    Kursi taman dan payung permanen tersebar di beberapa titik dalam taman. Di taman sebelah utara ada fitness outdoor yang bisa digunakan pengunjung untuk berolahraga. Jalur pejalan kaki di dalam taman hutan cukup panjang sehingga pengunjung bisa melakukan jogging sembari melihat ikan Koi berenang di dalam kolam dan menikmati hijaunya pepohonan. 

Dokumentasi Pribadi: Pemandangan pepohonan bambu dan saung di bawahnya. Bangunan paling kanan adalah musala

Pemandangan Taman Hutan Kota Madiun
    Keterangan: Pengamatan dilakukan pada tanggal 10 Januari 2023
Gerbang masuk menuju ke taman hutan bentuknya unik. Atap bangunan melengkung dengan kedua ujungnya menyentuk tanah. Di kiri dan kanan pintu masuk terdapat dua ruangan. Masing-masing ruangan digunakan untuk pos penjagaan dan kamar mandi umum. 

    Setelah pengunjung melewati gerbang masuk, pengunjung akan melihat bagian taman yang berbentuk lingkaran. Bagian tengah dari taman melingkar tersebut adalah tanah berumput hijau dan di sekelilingnya ada jalan berbatu. Di lingkaran terluar terdapat kolam ikan. Pada tahun 2019, pemerintah Kota Madiun menebar benih ikan Koi ke dalam kolam di Taman Hutan Kota Madiun. Airnya jernih dan kolam selalu terjaga kebersihannya. Bahkan ada banyak keong kerucut air tawar liar yang menempel di dinding kolam. 

Dokumentasi Pribadi: Kolam ikan Koi di Taman Hutan Kota Madiun

    Setelah itu, pengunjung akan melewati jembatan di atas kolam ikan sekaligus disambut dengan rimbunan pohon bambu. Beberapa saung, kursi taman, dan sebuah musala berada di bawah naungan pohon Bambu. Masih banyak jenis pohon yang tumbuh di Taman Hutan Kota Madiun, khususnya pepohonan yang berada di daerah pinggir taman hutan. Jika pengunjung berjalan ke bagian utara taman, ada 3 fitness outdoor dan beberapa kursi taman lengkap dengan payung permanen.

Dokumentasi Pribadi: Fitness outdoor di taman hutan sebelah utara

    Taman Hutan Kota Madiun jauh dari kawasan padat penduduk sehingga jumlah pengunjung Taman Hutan Kota Madiun tidak sebanyak jumlah pengunjung di ruang terbuka hijau dekat permukiman warga. Waktu yang cocok untuk berkunjung di Taman Hutan Kota Madiun adalah pagi, siang, dan sore hari. Meskipun demikian, taman hutan tetap dibuka hingga malam hari, khususnya bagi pengunjung yang ingin menyelenggarakan acara di dalam taman hutan. Suasana taman hutan pada malam hari sepi dan gelap meski sudah ada lampu taman.

    Keberadaan Taman Hutan Kota Madiun menambah jumlah paru-paru kota yang sangat diperlukan Kota Madiun seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan yang lalu-lalang di jalanan kota.

Komentar