Highland Wonomulyo dan Air Terjun Tirto Sari Magetan

 

    Highland Wonomulyo dan Air Terjun Tirto Sari adalah objek wisata yang berada di wilayah barat Kabupaten Magetan. Kedua objek wisata ini berada di kawasan wisata yang sering disebut dengan Genilangit 2. Seperti namanya, Highland Wonomulyo berada di dataran tinggi yang dikelilingi oleh perkebunan sayur milik warga sekitar. Pemandangannya tidak kalah dengan pemandangan objek wisata lainnya di lereng Gunung Lawu. 

    Air Terjun Tirto Sari berdekatan dengan batas wilayah provinsi Jawa Timur dengan Jawa Tengah. Popularitas Air Terjun Tirto Sari belum sebesar Air Terjun Grojogan Sewu yang berada di Tawangmangu. Namun, air terjun ini memberikan sebuah pengalaman baru yang mungkin tidak ada di air terjun lainnya di Gunung Lawu. 

Lokasi

    Highland Wonomulyo dan Air Terjun Tirto Sari berada di Dusun Wonomulyo, Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Dusun Wonomulyo memiliki beragam objek wisata, termasuk permukiman warga dusun yang lokasinya juga menarik. Gunung Lawu memiliki banyak puncak dengan ketinggian yang beragam. Hal ini disebabkan karena Gunung Lawu memiliki kawasan pegunungan di bagian selatannya yang bernama Pegunungan Lawu Selatan. 

    Beberapa puncak yang berada di Pegunungan Lawu Selatan antara lain, puncak Bukit Pendawa, Bukit Jobolarangan, dan Bukit Mongkrang. Puncak Bukit Mongkrang berada di ketinggian 2194 mdpl dan Puncak Bukit Jobolarangan berada di ketinggian 2300 mdpl. Puncak Jobolarangan menjadi puncak tertinggi di Pegunungan Lawu Selatan. 

    Pemandangan utama dari puncak Pegunungan Lawu Selatan adalah Gunung Lawu di sebelah utara yang tinggi menjulang hingga 3265 mdpl. Pengunjung yang ingin mendaki ke puncak Jobolarangan bisa melalui Dusun Wonomulyo. 

Highland Wonomulyo dan Air Terjun Tirto Sari

    Keterangan: Pengamatan dilakukan pada tanggal 8 Januari 2023

Highland Wonomulyo

    Dusun Wonomulyo diapit oleh dua dataran tinggi yang termasuk bagian dari Pegunungan Lawu Selatan. Mayoritas warga Dusun Wonomulyo bekerja sebagai petani sayur. Sejauh mata memandang, pengunjung akan melihat hamparan perkebunan sayur yang luas. Highland Wonomulyo berada di atas bukit yang dipenuhi oleh lahan perkebunan sayur. Banyak warganet yang menyebut pemandangan Dusun Wonomulyo sebagai "Nepal van Java". Sebutan "Nepal van Java" seringkali disematkan pada permukiman penduduk yang berada di dataran tinggi dan memiliki pemandangan alam sekitar yang indah.

Dokumentasi Pribadi: Dusun Wonomulyo

    Jalan untuk naik ke atas bukit yang menjadi lokasi Highland Wonomulyo sebenarnya adalah jalan yang digunakan petani sayur untuk menuju ke kebun mereka. Jalan tersebut dibuat dari cor semen dan sempit sehingga hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Pengunjung yang membawa mobil bisa memarkirkan mobil di dekat rumah warga di bawah bukit kemudian berjalan kaki menuju ke atas bukit.
Jalan cor semen menuju ke atas bukit cukup menanjak. Pengunjung yang berjalan kaki naik ke bukit harus selalu berhati-hati ketika berpapasan dengan pengendara motor karena jalan cor semen yang sempit dan tidak dilengkapi dengan pagar.  

    Highland Wonomulyo tidak hanya menyediakan tempat yang cocok untuk melihat pemandangan dari ketinggian saja, tetapi juga ada cafe dan beragam fasilitas pelengkap lainnya. Fasilitas yang disediakan antara lain:
  1. Kamar mandi umum
  2. Spot foto menarik
  3. Meja dan kursi dari batang kayu besar
  4. Saung
  5. Ayunan
  6. Parkiran kendaraan roda dua
    Ada dua titik wisata di Highland Wonomulyo, yaitu ayunan di dekat lahan parkir dan cafe. Jarak keduanya tidak jauh dan dihubungkan dengan jalan cor semen melewati perkebunan sayur. Ada dua ayunan di dekat parkiran motor. Ayunan yang disediakan bukan ayunan biasa, tetapi ayunan yang didesain supaya menarik menjadi spot foto. Pemandangan dari lokasi ayunan adalah dataran rendah di kaki Gunung Lawu dan Taman Wisata Genilangit yang terlihat di kejauhan karena lokasi Highland Wonomulyo memang lebih tinggi dibandingkan dengan Taman Wisata Genilangit. 

Dokumentasi Pribadi: Ayunan di Highland Wonomulyo

    Cafe menyediakan saung, meja, dan kursi. Makanan dan minuman yang dijual memiliki harga yang terjangkau. Lokasi cafe lebih tinggi dibandingkan dengan lokasi ayunan sehingga pemandangan yang bisa dilihat pengunjung lebih luas. 

Dokumentasi Pribadi: Tempat berfoto yang disediakan dengan pemandangan Dusun Wonomulyo dari atas


Air Terjun Tirto Sari Wonomulyo
Dokumentasi Pribadi: Air Terjun Tirto Sari

    Air Terjun Tirto Sari Wonomulyo berada di sebelah barat Dusun Wonomulyo. Pengunjung harus melewati dusun dan perkebunan sayur di sebelah barat dusun. Jalan di dalam dusun sudah beraspal. Setelah melewati dusun, perjalanan dilanjutkan dengan jalan cor semen untuk melewati bukit yang dipenuhi perkebunan sayur. Jalan cor semen ini hanya cukup dilintasi kendaraan roda dua. Pengunjung harus berhati-hati karena bentuk jalan berkelok dan naik-turun. 

    Ujung dari jalan cor semen adalah sebuah bukit yang cukup menanjak. Bukit ini adalah titik pertemuan antara dua dataran tinggi yang mengapit Dusun Wonomulyo. Jalan menanjak melintasi bukit berupa jalan berbatu yang tidak rata. Pengunjung bisa memutuskan untuk melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau mengendarai kendaraan roda dua. Jika pengunjung memutuskan untuk menaiki kendaraan roda dua, maka pastikan kondisi kendaraan bagus.

    Jalan berbatu akan bercabang dua, satu mengarah ke Air Terjun Tirto Sari dan satunya lagi mengarah ke basecamp pendakian Jobolarangan dan Bukit Mongkrang. Perjalanan menuju ke Air Terjun Tirto Sari akan sangat mengasyikkan apalagi jika pengunjung berjalan kaki. Di salah satu kelokan jalan ada sumber mata air. Aliran air dari sumber mata air tersebut ditutupi oleh banyak semak dan tanaman pakis berukuran besar. Di sepanjang jalan banyak tumbuh pohon cemara dan di sebelah kiri jalan ada jurang dengan dasar sebuah aliran sungai berukuran kecil yang berasal dari Air Terjun Tirto Sari. 

Dokumentasi Pribadi: Gambar kiri: mata air di kelokan jalan; Gambar kanan: kondisi jalan berbatu menuju ke Air Terjun Tirto Sari

    Setelah itu, ada percabangan jalan, satu mengarah ke aliran sungai di bawah dan satunya yang lain mengarah ke atas. Jalan melalui pinggir aliran sungai akan mengarahkan pengunjung ke air terjun. Jika pengunjung memilih jalan ke atas, maka pengunjung akan tiba di bagian atas air terjun. Di sinilah keunikan Air terjun Tirto Sari. Pengunjung bisa melihat aliran sungai di bagian atas air terjun. 

    Tidak banyak air terjun di daerah pegunungan yang aliran sungai di atasnya bisa dilihat dengan mudah. Alasannya adalah tidak tersedianya jalan ke atas air terjun atau kondisi jalan dengan medan yang sulit dan daerah tersebut juga berbahaya. Setelah pengunjung sampai di jalan yang berada di atas air terjun, pengunjung akan melihat aliran air yang berukuran kecil dan di sekitarnya banyak tumbuh rerumputan. Aliran air berukuran kecil itulah yang menjadi Air Terjun Tirto Sari. Air Terjun Tirto Sari tidak setinggi Air Terjun Grojogan Sewu, tetapi pengunjung harus tetap berhati-hati saat berada di dekat aliran sungai di atas air terjun. 

Dokumentasi Pribadi: Gambar kiri: Aliran sungai di atas air terjun; Gambar kanan: Air terjun dari atas

Pengamatan pada tanggal 8 Januari 2023
    Air Terjun Tirto Sari sebelumnya menjadi salah satu objek wisata yang ramai pengunjung. Terlihat ada bekas keberadaan beberapa warung di sekitar jalan menuju ke air terjun. Selain itu, ada kamar mandi umum yang saat pengamatan sudah tidak terurus. Meskipun demikian, tampaknya masyarakat Dusun Wonomulyo akan kembali mengelola Air Terjun Tirto Sari dengan baik. Usaha tersebut terlihat dari pembangunan jalan yang melintasi bagian atas air terjun. Beberapa beton untuk gorong-gorong juga sudah disiapkan untuk merapikan jalan menuju ke air terjun. 

    Sumber:
    Mengenal Wonomulyo, Dusun dengan Banyak Potensi Wisata di Magetan. (2021, Juni 12). Diakses pada Januari 29, 2023 dari kominfo.magetan.go.id: https://kominfo.magetan.go.id/mengenal-wonomulyo-dusun-dengan-banyak-potensi-wisata-di-magetan/ pukul 13.04 WIB

Komentar