Brandenburg Gate

    Gerbang Brandenburg (Brandenburger Tor) adalah simbol Kota Berlin yang berada di di ujung barat jalan Unter den Linden menuju Istana Prusia. Dinamakan gerbang karena memang dahulu ada tembok yang mengelilingi Kota Berlin. Salah satu dari 18 gerbang kota dan 2 gerbang sungai yang tersisa dari Tembok Kota Berlin (1737-1860) hingga saat ini adalah Gerbang Brandenburg. Kini Gerbang Brandenburg menjadi simbol perdamaian dan persatuan Jerman. 

    Peristiwa runtuhnya Tembok Berlin pada tanggal 13 Juni 1990 dan peresmian penyatuan kembali Jerman Timur dengan Jerman Barat pada tanggal 3 Oktober  1990 menjadi peristiwa yang penting dalam sejarah Jerman pasca Perang Dingin dan Revolusi 1989. Saat itu, Gerbang Brandenburg berada di zona pendudukan Soviet dan jaraknya hanya beberapa meter dari Tembok Berlin. Massa berkumpul di dekat Gerbang Brandenburg untuk merayakan kebebasan mereka atas runtuhnya Tembok Berlin. 

    Tembok Bea Cukai Berlin (Jerman: "Berliner Zoll- und Akzisemauer"/ Berlin Customs Wall) adalah tembok yang didirikan atas perintah Frederick William I dari Prusia untuk menggantikan Tembok Berlin lama yang dihancurkan pada tahun 1734. Tujuan lain dari pembangunan tembok yang mengelilingi kota hingga memblokade Sungai Spree yang membelah Kota Berlin ini bukan untuk pertahanan kota melainkan untuk menarik pajak atas barang dagang yang keluar dan masuk dari dan ke dalam Kota Berlin. Melalui pajak ini Kota Berlin mendapatkan penghasilan untuk pembangunan kotanya. 

    Di setiap gerbang dijaga oleh prajurit untuk mencegah penyeludupan barang. Bahkan, di atas Sungai Spree juga dibuat jembatan sebagai gerbang bea cukai bernama "Oberbaum" dan "Unterbaum".  Awalnya, tembok bea cukai ini dibuat dengan kayu. Jembatan di atas Sungai Spree hanya berupa jembatan kayu gantung. Untuk mencegah penyeludupan di malam hari melalui sungai maka dipasang sebuah penghalang dari batang pohon yang berat dan dilapisi paku logam. Keberadaan penghalang inilah yang memberi nama “baum” yang berarti pohon atau balok kayu dalam Bahasa Jerman untuk nama kedua gerbang bea cukai di atas Sungai Spree. Antara tahun 1786 hingga 1802, tembok kayu ini diganti dengan tembok batu setinggi 4 meter. 

    Pada tahun 1860, keberadaan tembok bea cukai dianggap menjadi penghambat pertumbuhan kota sehingga diputuskan untuk merobohkan tembok dan sebagian besar gerbangnya. Penyatuan dengan wilayah di luar tembok menyebabkan Kota Berlin mengalami perkembangan dan peningkatan populasi yang pesat.  

Sekilas Tokoh

    Kaisar Friedrich Wilhelm II memerintahkan untuk membuat Gerbang Brandenburg pada tahun 1764. Carl Gotthard Langhans (15 Desember 1732 - 1 Oktober 1808) merupakan arsitek dan ahli bangunan dari Prusia yang banyak berkarya di Kekaisaran Prusia. Kaisar Friedrich Wilhelm II mengangkatnya sebagai direktur pertama komisi pembangunan kerajaan di Berlin. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah Gerbang Brandenburg. Langhans terinspirasi oleh model Propylaea, yaitu pintu gerbang Akropolis di Athena, Yunani. 

    Johann Gottfried Schadow (20 Mei 1764 - 27 Januari 1850) adalah pematung Prusia yang mengerjakan patung Quadriga pada tahun 1793 ketika baru berumur 29 tahun. 

    Josef Paul Kleihues (11 June 1933, Rheine – 13 August 2004, Berlin) adalah arsitek yang membangun dua bangunan kecil yang mengapit Gerbang Brandenburg bernama Haus Liebermann dan Haus Sommer menggantikan pavilium yang hancur akibat dari Perang Dunia II.

Arsitektur

    Gerbang Brandenburg adalah bangunan Neoklasik yang memiliki 12 kolom Doric dengan 5 portal (gerbang) di dalamnya. Dua portal paling ujung dari Gerbang Brandenburg dulu digunakan untuk masyarakat Kota Berlin sementara portal bagian tengah untuk kaum bangsawan dari Kekaisaran Prusia. Patung Quadriga yang ada di atas Gerbang Brandenburg menjadi ikon penting dari perjalanan panjang sejarah Gerbang Brandenburg. Quadriga tersebut adalah patung 4 ekor kuda yang menarik kereta kuda yang dikendarai oleh Victoria, Dewi Kemenangan Romawi dan membawa tongkat dengan karangan daun oak. Sebelum bernama Brandenburg, gerbang ini bernama Friedenstor atau Gerbang Perdamaian. Brandenburg adalah nama kota yang mengelilingi Kota Berlin.
Bertahan hingga Sekarang

    Kemenangan Napoleon atas Prusia di tahun 1806 dan pendudukannya hingga 1808 menyebabkan patung Quadriga ini menjadi barang  rampasan perang Napoleon. Patung ini dibawa ke Perancis sebagai simbol kemenangan dan kembali ke Berlin pada tahun 1814 setelah kekalahan Napoleon. Atribut yang ada di tongkat itu ditambahkan Iron Cross, simbol Kekaisaran Prusia dan elang Prusia. Kemudian, Selama Perang Dunia II, Adolf Hitler menjadikan Gerbang Brandenburg sebagai propaganda Partai Nazi. Bendera besar Nazi pernah berkibar di Gerbang ini. Selama pengepungan Berlin oleh pasukan merah Soviet dan pengeboman Berlin menyebabkan Gerbang Brandenburg mengalami kerusakan parah. Seluruh Kota Berlin menjadi puing-puing yang rata dengan tanah. Satu kepala kuda dari Quadriga selamat dari kerusakan parah dan kemudian disimpan dalam Museum Märkisches. 

    Selama pembagian Kota Berlin menjadi dua zona akibat keberadaan Tembok Berlin pada masa Perang Dingin, kerusakan dan bekas lubang-lubang peluru yang ada di gerbang ditambal dan diperbaiki. Presiden Amerika Serikat, Ronald Reagan berbicara di depan masyarakat Jerman Barat menuntut Mikhail Gorbachev untuk meruntuhkan Tembok Berlin dan mengakhiri Perang Dingin. Ia berpidato di depan Gerbang Brandenburg yang dibatasi oleh Tembok Berlin, pada 12 Juni 1987.Setelah melewati masa-masa sulit, akhirnya Jerman kembali dipersatukan. Masyarakat Kota Berlin khususnya dan seluruh Jerman pada umumnya menyambut gembira perdamaian dan persatuan ini. Upaya restorasi Gerbang Brandenburg dan patung Quadriga-nya terus dilakukan. Perayaan reunifikasi Jerman sering dirayakan di Gerbang Brandenburg hingga saat ini.

    Sumber:

1. https://www.britannica.com/topic/Brandenburg-Gate (diakses pada 2/12/2020 pada jam 20.32)

2. https://en.wikipedia.org/wiki/Brandenburg_Gate (diakses pada 2/12/2020 pada jam 20.50)

3. https://en.wikipedia.org/wiki/Berlin_Customs_Wall (diakses pada 2/12/2020 pada jam 21.10)

Komentar