Seperti apa itu Alun-Alun Ngawi?


Dokumentasi pribadi: Gapura Alun-Alun Ngawi

    Hampir setiap kota di Jawa pasti memiliki alun-alun sebagai pusat kota dan tempat berkumpul sehingga pemerintah kabupaten/kota pasti menjadikan alun-alun sebagai salah satu identitas kotanya dengan cara melengkapi fasilitas dan memperindah pemandangan alun-alun agar nyaman dan bermanfaat banyak untuk masyarakat

Alun-alun Ngawi adalah salah satu alun-alun terluas di Jawa Timur dan memiliki banyak sekali fasilitas umum dan tidak boleh terlewatkan bagi para pengunjung yang tertarik dengan Kabupaten Ngawi atau sekadar melewatinya karena memang Kabupaten Ngawi berada di perbatasan Jawa Timur dengan Jawa Tengah sehingga bagi yang melalui jalur antarprovinsi harus sempatkan diri untuk rehat sejenak melepas lelah selama berkendara di sini.

Apa saja yang ada di Alun-alun Ngawi?

Dokumentasi pribadi: nol kilometer Ngawi

1. Ruang terbuka hijau yang luas

Dengan memiliki alun-alun yang luas bukan berarti hanya memiliki lapangan yang luas tanpa pohon. Banyak pohon rindang yang akan menyejukkan udara dan taman-taman dengan bunga yang cantik memanjakan mata disertai dengan air mancur yang memperindah sekaligus mendinginkan udara.

Dokumentasi pribadi

2. Ada fasilitas Wi-fi

Tidak jauh dari gapura alun-alun, terdapat Wi-fi Corner UPT Alun-Alun yang selain menyediakan wifi juga ada makanan dan minuman yang menemani anda dalam bersantai sambil menggunakan internet atau bagi yang ingin berkumpul sembari mengerjakan pekerjaan danmembutuhkan internet maka tempat ini cocok digunakan.

3. Warung makan dan minum yang banyak

Mengisi perut dan menyegarkan tenggorokan di siang hari bisa dengan mengunjungi warung-warung makan yang ada di sepanjang jalan di dalam alun-alun. Salah satunya ada es kelapa muda yang murah dan segar.

4. Skatepark bagi para skateboarder 

Untuk latihan dan kumpul bersama para skateboarder daripada berlatih di jalan aspal maka telah disediakan skatepark yang bagus dan patut dicoba.

5. Arena bermain anak-anak yang luas

Pergi ke alun-alun di pagi atau sore hari bersama anak menjadi lebih aman dan seru karena banyak pohon dan kursi taman sehingga menjaga anak menjadi aman dan nyaman serta banyak arena bermain dan taman lalu lintas yang juga mendidik anak. 

6. Lapangan basket dan lapangan tenis

    Bagi penggemar olahraga, disediakan lapangan tenis dan basket. Selain itu, setiap pagi hari juga banyak orang yang bersepeda, jogging, bermain bulu tangkis, dan sepak bola di alun-alun.

7. Taman Terapi 

Dokumentasi pribadi: Taman Terapi

Pengunjung bisa lebih sehat dengan berolahraga dengan fasilitas-fasilitas di Taman Terapi ini. Disediakan pula lintasan batu terapi untuk refleksi injak batu. Banyak juga spot foto yang menarik.

8. Rumah Teh Radja 

Dokumentasi pribadi: Rumah Teh Radja

Bagi yang haus dan ingin minum teh asli perkebunan Jamus, Ngawi ada pula rumah Teh Radja di pojokan alun-alun dekat kantor bupati Ngawi.

9. Patung dr. Krt Radjiman Wedyadiningrat

Siapa yang tak kenal dengan beliau yang pernah menjadi ketua Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) ini pernah tinggal di Ngawi dan menetap di Desa Dirgo, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi sebagai dokter dan membantu masyarakat sekitar di sana mengenyam pendidikan. Untuk menghargai jasa beliau di Ngawi, maka rumah tinggalnya di Desa Dirgo menjadi bangunan bersejarah dan untuk mengenalkan kepada masyarakat banyak maka dibuat pula patung setengah badannya di sudut Alun-Alun Ngawi yang juga berdekatan dengan Rumah Teh Radja.

Dokumentasi pribadi: patung dada Dr. K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat

10. Mini Amphiteatre Alun-Alun Ngawi

Bisa menjadi tempat berkumpul atau mengadakan pertunjukan music, tari, dan lainnya.

Selain itu, Alun-Alun Ngawi juga sering menjadi tempat untuk menyelenggarakan acara-acara penting pada hari raya, hari jadi, atau perlombaan bahkan acara yang didatangi oleh peserta se-Provinsi Jawa Timur juga pernah dilaksanakan di sini. Saat malam tiba, banyak sekali pedagang di sepanjang jalan alun-alun dan banyak anak-anak muda duduk dan berkumpul. Suasana malam diwarnai dengan banyak lampu yang juga menjadi spot foto menarik dan wajib dicoba. Masih banyak lagi yang dapat anda rasakan dan nikmati jika berkunjung ke Alun-Alun Ngawi khususnya pada malam hari. Mari berkunjung ke Alun-Alun Ngawi. 

Komentar