Patung Liberty

    Patung Liberty (Liberty Enlightening the World) adalah patung neoclassical kolosal di pulau Liberty, New York Harbour dengan tinggi 305 kaki. Patung ini diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886 dan menjadi ikon patung selamat datang bagi para pengunjung New York City. Patung ini sudah tidak terpisahkan lagi dengan New York.
Sekilas Tokoh 
    Frédéric Auguste Bartholdi  (2 Agustus 1834- 4 Oktober 1904) adalah pematung asal Perancis yang terkenal karena rancangannya mengenai patung Liberty di Amerika Serikat.
 
    Pada tahun 1871, dia mengunjungi Amerika Serikat. Saat kunjungannya itu, ia memiliki sebuah ide gagasan untuk membangun sebuah patung besar sebagai hadiah dari Perancis kepada Amerika Serikat atas 100 tahun kemerdekaan Amerika Serikat. Sebenarnya, gagasan ide patung itu pertama kali dikemukakan oleh teman Bartholdi bernama Edouard de Laboulaye. Bartholdi menyinggung gagasan itu lagi kepada Union Franco-Americaine pada tahun 1865. Desain Bartholdi disetujui kemudian Union Franco-Americaine mengumpulkan lebih dari 1 juta franc di seluruh Perancis. 

    Tahun 1879, Bartholdi dianugerahi paten desain AS D11.023 untuk patung Liberty-nya. Tanggal 4 Juli 1880, dalam sebuah perjamuan besar, patung tersebut secara resmi dikirim ke menteri Amerika Serikat di Perancis. Selama pembangunan patung Liberty, Bartholdi memahat sejumlah monumen untuk kota-kota Amerika seperti air mancur besi di Washington, DC yang selesai pada tahun 1878. Pada pembangunan Patung Liberty ini, muncul sebuah isu bahwa wajah patung Liberty adalah wajah ibu Bartholdi. 

    Édouard René Lefèbvre de Laboulaye (18 Januari 1811-25 Mei 1883) adalah ahli hukum, penyair, penulis, dan anti-perbudakan dari Perancis. Ia memiliki sebuah gagasan yang mampu membantu memperkuat hubungan Perancis dengan Amerika Serikat dengan menghadirkan sebuah patung yang mewakili kebebasan untuk Amerika yang merupakan sebuah simbol yang ditekan oleh Napoleon III. Teman Laboulaye yaitu Frédéric Auguste Bartholdi mengubah gagasan Laboulaye menjadi kenyataan. 

    Tahun 1881 Eiffel dihubungi  oleh Bartholdi yang membutuhkan seorang insinyur. Sebelum Eiffel, pekerjaan dilakukan oleh Eugène Viollet-Le-Duc namun sebelum pekerjaannya selesai, ia meninggal dunia kemudian dilanjutkan ke Eiffel. Eiffel dikenal karena pengalamannya tentang tekanan angin. Ia merancang sebuah struktur yang terdiri dari tiang berkaki empat untuk mendukung lempengan tembaga yang membentuk badan patung. Semua itu dipasang di Perancis sebelum dibongkar dan dikirim ke Amerika Serikat. 

    Patung Liberty adalah sosok wanita berjubah yang mewakili Libertas, Dewi Romawi yang memegang obor di atas kepalanya dan lengan kiri membawa sebuah tabula ansata yang ditulis dengan angka romawi (JULY IV MDCCLXXVI atau 4 Juli 1776) yang merupakan tanggal kemerdekaan Amerika Serikat (Tabula Ansata adalah tablet dengan pegangan pasak) Patung Liberty menjadi ikon kebebasan Amerika Serikat dan menjadi sebuah pemandangan menarik untuk para imigran yang datang dari luar negeri karena patung ini berada di pulau kecil pada tengah-tengah perairan yang merupakan pintu masuk menuju New York. Terdapat pula sebuah belenggu dan rantai yang patah pada kaki patung Liberty yang melambangkan kebebasan dari segala perbudakan dan penindasan walaupun belum menjadi kenyataan bagi orang Amerika Afrika pada tahun 1886. 

    Karena ketidakstabilan pasca perang di Perancis, karya itu tidak dimulai sampai awal tahun 1870-an. Tahun 1875, Laboulaye mengusulkan Perancis membiayai membuatan patung sementara Amerika Serikat membangun alas tumpuan untuk patung tersebut. Bartholdi menyelesaikan kepala dan lengan pembawa obor. Saat kunjungan Bartholdi ke Amerika Serikat, ia memusatkan perhatian ke Bedloe’s Island karena menurutnya pulau tersebut akan dilintasi oleh kapal-kapal untuk ke Amerika Serikat. Bartholdi membuat sketsa pertama saat kunjungannya ke Amerika Serikat di studio  Rhode Island La Farge. 

    Dua pertimbangan mengenai patung kebebasan Amerika yaitu ada 2 tokoh perempuan. Salah satunya adalah Columbia yang dipandang sebagai perwujudan Amerika Serikat. Columbia menggantikan tokoh sebelumnya yaitu seorang putri India yang dianggap tidak beradap dan menghina orang Amerika. Ikon lain berasal dari patung dewi Libertas kepercayaan Roma kuno. 
 
    Tokoh ini pada saat itu banyak menghiasi gambar koin Amerika Serikat termasuk patung merdeka Thomas Crawford di puncak kubah gedung Capitol Amerika Serikat. Bartholdi dan Laboulaye menghindari citra kebebasan revolusioner seperti dalam karya Eugene Delacroix yang memimpin rakyat. Karena tidak ingin memberi kesan revolusi maka seluruh patung memakai jubah yang mengalir dan memberi penampilan damai dengan menggunakan obor yang mewakili kemajuan. Pada bagian kepala, penggunaan pileus diganti dengan mahkota dengan 7 sinar yang membangkitkan matahari, 7 lautan dan tujuh benua dan obornya mewakili sebagai penerang dunia. 
 
Biaya Pembangunan
    Muncul masalah dana yang dibutuhkan dalam pembangunan patung seperti yang terjadi di Amerika dan Perancis. Di Perancis, bentuk hiburan dan undian adalah cara untuk mencari dana. Sementara di Amerika melakukan acara teatrikal, pameran seni, pelelangan, dan hadiah berharga untuk membantu mencari dana. Penyair Emma Lazarus menulis soneta “The New Colossus” untuk pelelangan seni dan sastra. Tidak hanya itu, Joseph Pulitzer membuat koran “The World” untuk mendukung usaha penggalangan dana.

    Arsitek Richard Morris Hunt merancang alas granit patung Liberty.Konstruksi tumpuan selesai tahun 1886. Patung selesai di Perancis tahun 1884 dan tiba di pelabuhan New York tahun 1885 di kapal frigat Perancis “Isere.” Patung tersebut menjadi 350 potongan dikemas dalam 214 peti kayu. Perakitan patung memakan waktu empat bulan. Tanggal 28 Oktober 1886, presiden Grover Cleveland memimpin peresmian patung Liberty di depan ribuan penonton 

Awal Pembaharuan
    Dewan Mercusuar Amerika Serikat bertanggung jawab atas pengoperasian patung Liberty sampai tahun 1901. Tahun 1933, perawatan dan administrasi Monumen Nasional diberikan kepada  National Park Service. Tahun 1956, pulau Bedloe berubah nama menjadi Pulau Liberty. Tanggal 11 Mei 1965, Pulau Ellis yang berada tidak jauh dar Pulau Liberty juga dimasukkan ke National Park Service dan menjadi bagian dari Patung Liberty.

Pelestarian
    Mei 1982, Presiden Ronald Reagan menunjuk Lee Iacocca untuk merenovasi patung Liberty. Penggalangan dana untuk renovasi sebesar 87 juta dollar. Pemulihan dimulai dari bagian dalam seperti memperbaiki lubang di kulit tembaga dan mengangkat lapisan cat dari bagian dalam kulit tembaga dan struktur besi dalam, mengganti balok besi berkarat dengan baja tahan karat. Nyala api bagian atas obor rusak diganti dengan replika asli Bartholdi. Setelah renovasi selesai, Patung Liberty kembali dibuka untuk umum dalam perayaan seratus tahunnya.

Sumber: 
1. https://en.wikipedia.org/wiki/Statue_of_Liberty
 

Komentar