One World Trade Center

    One World Trade Center adalah sebuah bangunan utama dari kompleks World Trade Center di Lower Manhattan, New York City yang menggantikan bangunan World Trade Center lama yang sebelumnya runtuh dalam peristiwa 11 September 2001. One World Trade Center merupakan gedung yang menjadi pusat perdagangan dunia dan gedungnya termasuk tertinggi di New York City mengalahkan tinggi Empire State Building dan Chrysler Building. Tinggi bangunan ini adalah 541m dan 546 m sampai bagian puncak.Gedung ini dibuka pada bulan Oktober 2014. Pada tanggal 26 Maret 2009, Otoritas Pelabuhan New York dan New Jersey menyatakan bangunan ini secara resmi bernama “One World Trade Center.” Gedung ini dibangun untuk mengenang gedung aslinya yang hancur karena serangan teroris pada 11 September 2001. Bangunan yang baru ini mencakup 5 gedung bangunan disepanjang jalan Greenwich Street serta museum yang mengenal peristiwa 11 September yang berada di sebelah tempat gedung World Trade Center yang asli.
Sekilas Tokoh
    Daniel Libeskind (12 Mei 1946) adalah seorang arsitek, seniman, profesor, dan perancang asal Polandia yang memenangkan kompetisi menjadi arsitek perencanaan pembangunan One World Trade Center di Lower Manhattan, New York City. Ia memberi sebuah proposal bernama “Memory Foundations” yang berisi desain One World Trade Center. Namun, sebagian besar rancangannya ditolak. Akan tetapi, salah satu rencana awalnya digunakan menjadi desain terakhir.
David Magie Childs (1 April 1941) adalah seorang arsitek yang terkenal karena menjadi arsitek dari One World Trade Center di Lower Manhattan, New York City. Sebelumnya, ia berkolaborasi dengan Daniel Libeskind.

    Minoru Yamasaki (1 Desember 1912-6 Februari 1986) adalah arsitek Amerika yang terkenal di abad ke-20 karena rancangan World Trade Center yang asli di New York City. Bangunan hasil rancangannya ini yang akhirnya dihancurkan oleh teroris dalam penyerangan 11 September 2001 

 Bangunan Asli
    Muncul sebuah rencana pembangunan menara kembar di situs Radio Row di daerah barat daya Manhattan yang berguna untuk merevitalisasi Lower Manhattan yang pada saat itu adalah daerah kumuh dengan toko elektronik yang menjual radio. Minoru Yamasaki dipilih untuk menjadi arsitek World Trade Center dan memutuskan untuk membangunnya dengan 110 lantai. Desain Yamasaki diluncurkan pada tanggal 18 Januari 1964. Pembangunannya menggunakan struktur baja yang tahan angin dan sangat mementingkan keselamatan dan kenyamanan para penghuninya.

    Luas World Trade Center pada saat itu 16 hektar dengan cara menutup lima jalan dan 164 bangunan dirobohkan. Konstruksi bangunan dikerjakan oleh 10.000 orang dan kostruksi puncak dikerjakan oleh 3.500 orang. Namun, terjadi kecelakaan dalam bekerja yang menyebabkan 60 orang meninggal saat kunstruksi. 

    Menara utara dibuka pada bulan Desember 1970 dan menara selatan bulan Januari 1972, kemudian diresmikan pada tahun 1973. Kedua gedung kembar ini menjadi gedung tertinggi di dunia hingga akhirnya Sears Tower di Chicago selesai dibangun pada Mei 1973. World Trade Center menempati peringkat kelima dan keenam gedung tertinggi di dunia pada saat itu.

Peristiwa
    Selasa, 11 September 2001, sebuah serangan dari teroris Al-Qaeda di Amerika Serikat. Mereka melakukan sebuah serangan dengan membajak empat pesawat milik Amerika Serikat. American Airlines Flight 11 dan United Airlines Flight 175 dibajak dan keduanya ditabrakkan masing-masing ke gedung kembar World Trade Center. Seketika gedung 110 lantai ini rubuh dalam waktu 1 jam 42 menit. 

    Pesawat ketiga, American Airlines Flight 77, jatuh di Pentagon yang menyebabkan runtuhnya sisi barat bangunan. Sementara pesawat keempat yang direncanakan jatuh di Washington DC, jatuh ke lapangan Stonycreek Township dekat Shanksville, Pennsylvania karena para penumpang pesawat mencoba mengatasi para pembajak. Peristiwa ini menyebabkan 2.996 orang tewas dan melukai 6.000 orang.

    Amerika Serikat merasa curiga serangan ini dilakukan oleh Al-Qaeda di Afghanistan. Osama Bin Laden, pemimpin Al-Qaeda, sebelumnya membantah serangan itu dilakukan atas perintahnya, tetapi baru pada tahu 2004 ia mengaku telah bertanggung jawab atas penyerangan itu. Osama Bin Laden dibunuh oleh SEAL Team Six dari angkatan laut AS pada Mei 2011.

Pembangunan Kembali
    Setelah penghancuran gedung kembar World Trade Center, muncul sebuah rencana untuk membangun kembali World Trade Center untuk mengenang bangunan aslinya yan hancur. Desember 2002, rancangan Daniel Libeskind dipilih dengan mengalami banyak revisi. Desain terakhir “Menara Kebebasan” resmi diluncurkan tanggal 28 Juni 2005. Selama masa pembangunan, menara ini memiliki 52 lantai dan tingginya 180 m pada bulan Desember 2010. 

    Namun, pada ulang tahun kesepuluh World Trade Center, tinggi gedung ini menjadi 82 lantai. Tahun 2009, otoritas pelabuhan mengubah nama “Menara Kebebasan” menjadi “Satu Pusat Perdagangan Dunia” agar nama ini lebih mudah dikenali. Saat menara belum lengkap, tingginya sudah melampaui tinggi Empire State Building. Konstruksi bangunan ini juga sempat didatangi oleh Barack Obama. Jumlah lantai bangunan ini 104 lantai dengan tinggi bangunan 541 m dan 546 jika dihitung sampai menara puncak. Bangunan dibuka pada 3 November 2014.

Sumber:
1. https://en.wikipedia.org/wiki/One_World_Trade_Center

Komentar