Empire State Building

    Empire State Building adalah salah satu bangunan pencakar langit dengan 102 lantai yang terletak di Fifth Avenue antara West 33rd dan 34th Streets di Midtown , Manhattan , New York City . Tinggi atapnya 1.250 kaki (381 m), dan ditambah dengan antena sehingga tingginya menjadi 1.454 kaki (443,2 m). Nama yang digunakan untuk nama gedung ini berasal dari nama panggilan untuk New York yaitu Empire State . Bangunan ini sempat menjadi banguna tertinggi di dunia selama hampir 40 tahun, mulai dari awal 1931 hingga akhirnya dikalahkan oleh World Trade Center yang asli (gedung kembar) pada akhir 1970. 

    Setelah serangan 11 September 2001 yang menghancurkan dua gedung World Trade Center , gedung Empire State kembali menjadi gedung tertinggi di New York, hingga kembali dikalahkan lag setelah pembangunan World Trade Center yang baru pada bulan April 2012. Empire State Building saat ini menyandang gelar gedung pencakar langit tertinggi kelima di Amerika Serikat dan yang tertinggi ke-35 di dunia . 

Desain dan Bangunan
    Empire State Building dirancang oleh William F. Lamb dari perusahaan arsitektur Shreve, Lamb and Harmon yang menghasilkan gambar desain bangunan dalam waktu dua minggu. Alfred E. Smith , mantan Gubernur New York dan James Farley General Builders Supply Corporation memasok bahan bangunan untuk konstruksi bangunan. Sementara John W. Bowser menjadi inspektur konstruksi proyek. 

    Pembangunan dimulai pada 22 Januari 1930 terletak di 17 Maret-St. Proyek ini melibatkan 3.400 pekerja dan menurut catatan resmi pembangunan, lima pekerja meninggal dalam pembangunan konstruksi Empire State Building. Walaupun pekerjaan proyek ini memakan korban tapi tetap berjalan dengan lancar hingga bangunan selesai. Pada pembukaan Empire State Building ini, Cucu Gubernur Smith memotong pita pada tanggal 1 Mei 1931.

    Pada dasarnya, pembangunan ini merupakan bagian dari persaingan ketat di New York untuk meraih gelar " gedung tertinggi di dunia ". Dua proyek lain yang sama-sama memperebutkan gelar tersebut adalah 40 Wall Street dan Chrysler Building. Masing-masing memegang gelar gedung tertinggi kurang dari satu tahun, karena Empire State Building berhasil mengungguli mereka pada saat selesai pada tanggal 11 April 1931, 12 hari lebih cepat dari jadwal yang ditentukan, hanya 410 hari setelah konstruksi dimulai. Bangunan ini dibuka secara resmi pada tanggal 1 Mei 1931 ketika Presiden Amerika Serikat Herbert Hoover menyalakan lampu gedung dengan menekan sebuah tombol dari Washington, DC.

Awal Mula
    Pada akhir 1920-an, ekonomi New York meledak. Kompetisi memperebutkan gelar gedung tertinggi antara 40 gedung Bank of Manhattan di Wall Street dan Gedung Chryslermencoba salin memperbanyak lantai pada gedung mereka. Dan perlombaan benar-benar memanas pada bulan Agustus 1929, ketika eksekutif General Motors John J. Raskob dan mantan Gubernur New York Al Smith mengumumkan rencana untuk pembangunan Empire State Building. 

    Pembangunan gedung Empire State dirancang dengan gaya Art Deco. Setelah mengetahui bahwa Empire State akan tingginya 1.000 kaki, Chrysler mengubah rencananya untuk terakhir kalinya dengan memasang puncak baja stainless ke puncak gedung pencakar langitnya. Penambahan tersebut membuat Gedung Chrysler melambung sampai rekor 1.048 kaki, namun Empire State juga bersaing dengan Gedung Chrysler  sehingga tingginya melampaui puncak gedung Chrysler 

    Pada saat selesai, Empire State Building, dengan tinggi 102 lantai dan 1.250 kaki (1.454 kaki ke puncak penangkal petir) adalah gedung pencakar langit tertinggi di dunia. Konstruksi ini mempekerjakan 3.400 orang dengan bayaran yang baik. Empire State Building dirancang untuk menjadi kantor perusahaan, namun ditengah perjalanannya menhadapi tantangan karena krisis pasar saham 1929 dan terjadinya Depresi Hebat. Hanya 25 persen bagian bangunan yang digunakan oleh para penyewa kantor. Lantai atas pencakar langit hampir seluruhnya kosong untuk sebagian besar tahun 1930an. Terkadang, para pekerja disuruh menyalakan lampu di lantai yang lebih tinggi untuk menciptakan ilusi seperti gedung yang sibuk. Baru pada saat Perang Dunia II akhirnya bangunan itu menjadi menguntungkan.

Sekilas Tokoh
    William Frederick Lamb , FAIA (21 November 1893 - 8 September 1952), adalah seorang arsitek Amerika , yang pada mulanya dikenal sebagai salah satu perancang utama Empire State Building dan karena rancangannya ini yang membuatnya terkenal.

    Alfred Emanuel " Al " Smith (30 Desember 1873 - 4 Oktober 1944) adalah seorang negarawan Amerika yang terpilih sebagai Gubernur New York empat kali dan merupakan kandidat presiden dari Partai Demokrat AS pada tahun 1928 . Setelah pemilihan 1928, Smith menjadi presiden Empire State, Inc., perusahaan yang membangun dan mengoperasikan Empire State Building .
    John W. Bowser (1892-1956) adalah seorang insinyur konstruksi Kanada yang menjadi inspektur konstruksi proyek untuk Empire State Building .
 
Peristiwa
    Dari lebih dari 90 film yang menampilkan Empire State Building, tidak ada yang lebih terkenal dari "King Kong" tahun 1933 yang digambarkan memanjat hingga puncak gedung Empire State Building. Pada ulang tahunnya yang ke 50 film itu, pada bulan April 1983, seorang presiden perusahaan balon mencoba untuk menciptakan suasana film itu kembali dengan memasang King Kong tiup di Empire State. Sayangnya, rencana ini mengalami kegagalan karema balon Kong sebesar 85 kaki itu mengalami robekan saat sedang digelembungkan

Sumber: 
1. https://en.wikipedia.org/wiki/Empire_State_Building

Komentar