Chrysler Building

    Gedung Chrysler adalah bangunan bata dengan struktur baja tertinggi di dunia. Gedung ini bergaya Art Deco dengan ketinggian 1.046 kaki (318,9 m). Letaknya berada di East Side Midtown Manhattan di New York City, persimpangan 42nd street dan Lexington Avenue di Lingkungan Turtle Bay, Amerika Serikat. Gedung Chrysler pernah menjadi bangunan tertinggi di dunia selama 11 bulan hingga akhirnya Empire State Building berhasil melampau tingginya pada tahun 1931 setelah pembangunannya selesai. Bangunan ini termasuk arsitektur klasik Art Deco yang dianggap oleh banyak arsitek kontemporer sebagai salah satu bangunan terbaik di New York City yang masuk dalam peringkat ke-9 di Daftar Arsitektur favorit Amerika.
Chrysler Center
    Chrysler Center adalah sebuah kompleks yang terdiri dari dua bangunan yang terdiri dari Chrysler Building dan Chrysler East. Gedung Chrysler didirikan pada tahun 1930 dan pernah mengalami renovasi pada tahun 1998 yang selesai pada pertengahan tahun 2000 sehingga luasnya menjadi 2.062.772 kaki persegi.

    Chrysler East mengalami perluasan 153.000 kaki persegi dengan desain ulang dari arsitek legendaris, Philip Johnson, dan menciptakan Trylons Chrysler sebagai penghubung bangunan-bangunan di Chrysler Center tersebut ke Chrysler  Center Tunggal.

    Sekarang, Chrysler Center disewa oleh banyak penyewa dari berbagai industri karena fasilitas unik yang disediakan langsung di dalam kompleks Chrysler Center dan dari kompleks ini disuguhkan pemandangan 360 derajat Manhattan menghadap ke East River, Central Park, Times Square, dan Grand Central Terminal. 

Pembangunan
    Pembangunan Chrysler Building dilakukan dengan cepat namun, tidak seperti yang terjadi dengan pembangunan Empire State Building yang memakan korban, pembangunan gedung Chrysler ini tidak memakan korban. Pada awalnya, rancangan awal desain tinggi gedung ini setinggi 807 kaki (246 m). Karena desain rancangan awal ini dianggap terlalu canggih dan mahal, William H. Reynolds tidak menyetujui rencana Van Alen. 

    Kemudian, rancangan desain bangunan ini dijual ke Walter P. Chrysler kemudian dia mendesain ulang gedung agar mendapat tambahan lantai hingga tingginya mencapai 925 kaki (282 m). Konstruksi dimulai tanggal 19 September 1928 dan selesai pada tanggal 27 Mei 1930, ketinggian tambahan membuat Gedung Chrysler melampaui tinggi 40 Wall Street dan menara Eiffel. 

    Setelah bangunan selesai, Van Allen meminta komisi pembayaran 6 persen dari anggaran konstruksi bangunan (14 juta dollar). Chrysler menolak pembayaran kemudian Van Allen menggugat hingga akhirnya Chrysler membayarnya. Karena gugatannya, Van Allen merendahkan reputasinya sendiri sebagai seorang arsitek hingga akhirnya ia beralih memusatkan perhatian pada pekerjaan membuat patung.

Sekilas Tokoh
    Walter Percy Chrysler ( 2 April 1875-18 Agustus 1940) adalah pendiri Chrysler Corporation dan eksekutif industri otomotif Amerika yang sekarang bagian dari Fiat Chrysler Automobiles

    William Van Allen (10 Agustus 1883- 24 Mei 1954) adalah seorang arsitek yang dikenal karena bertugas merancang Gedung Chrysler dan 40 Wall Street yang digembar-gemborkan menjadi gedung tertinggi di dunia sebelum akhirnya dikalahkan oleh Empire State Building. Van Allen dipuji sebagai “Doctor of Altitude” dan sebagai “Ziegfeld dari profesinya.”

Fakta Menarik

1.    Keluarga Chrysler menjual bangunan ini tahun 1953 namun, bangunan masih menyandang nama mereka.
2.    Museum Skyscraper pernah meminta 100 insinyur dan sejarawan untuk memilih bangunan favorit di New York City dan hasilnya 90 persen memilih gedung Chrysler.
3.    Lobi gedung berisi jam digital pertama di dunia dan langit-langitnya dilukis mural oleh Edward Trumbull dengan judul ”Transport and Human Endeavour.”
4.    Stasiun televisi WCBS ditransmisikan dari puncak gedung Chrysler di tahun 1940-an dan 1950-an sebelum akhirnya dipindah ke Empire State Building

Sumber: 
1. https://en.wikipedia.org/wiki/Chrysler_Building


Komentar